Analisa Iklan Tokopedia


Kali ini saya akan membahas/menganalisa iklan Tokopedia yang menarik menurut saya. Dari sekian banyak iklan Tokopedia, saya memilih salah satunya yang menceritakan sebuah kisah singkat berjudul "Sepasang Sepatu Bola untuk Berdua" yang berdurasi 2 menit. Iklan ini digunakan saat Tokopedia merayakan event #9tahunbersama yaitu saat ulang tahun Tokopedia ke-9. Iklan ini memiliki tema persahabatan, kesetiaan, kerjasama, kekompakkan, dan kasih sayang. Iklan ini ingin menyampaikan pesannya dengan cara mengilustrasikan pesan dengan cerita di kehidupan sebenarnya (penyampaian tidak langsung dengan menggunakan perumpamaan).

Iklan ini menceritakan tentang kehidupan di desa yang masyrakatnya masih hidup sederhana. Dalam cerita ini terdapat 2 orang anak laki-laki yang sudah 9 tahun bersahabat. Mereka bernama Cahyo dan Liem. Mereka berdua memiliki hobby yang sama yaitu bermain sepak bola. Mereka bermain dan berlatih bersama untuk pertandingan yang akan datang. Namun, mereka tidak memiliki sepatu bola untuk pertandingan nanti. Mereka hanya memiliki uang untuk membeli sepasang sepatu bola dan tidak mampu untuk membeli 2 pasang. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membeli sepasang sepatu bola di Tokopedia dan akan dipakai bergantian. Pada saat latihan, mereka masih bisa bergantian menggunakan sepatunya. Namun mereka akan bermain bersama ketika pertandingan sehingga tidak bisa bergantian lagi. Mereka pun bertengkar karena memperebutkan siapa yang akan menggunakan sepatu bola ketika pertandingan. Hingga akhirnya salah seorang dari mereka melempar sepatunya ke sungai. Ketika setibanya di rumah masing-masing mereka merenung dan menyesali perbuatan mereka. Akhirnya mereka (masing-masing) memutuskan untuk mencari sepatu yang dibuang ke sungai walau hari sudah malam dan turun hujan. Saat sedang mencari di sungai mereka berpapasan dan akhirnya mereka berbaikan dan saling meminta maaf. Keesokan harinya mereka bertanding tanpa sepatu. Mereka sempat ditertawakan oleh lawan namun karena kekompakkan dan kesetiakawanan mereka semua (1 tim) akhirnya memutuskan untuk bermain tanpa sepatu. Dan mereka pun memenangkan pertandingannya.

Cerita singkat mengenai Cahyo dan Liem tersebut mewakilkan Tokopedia dan kita sebagai konsumen. Persahabatan mereka menggambarkan hubungan kita dengan Tokopedia (selalu membeli di Tokopedia). Dan kesetiakawanan mereka menggambarkan Tokopedia yang telah setia hadir untuk kita masyarakat Indonesia dan menyediakan jasanya. Sasaran dari iklan ini adalah umum dimulai dari  anak-anak hingga orang dewasa. Mengapa? karena iklan ini dapat memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai kesetiakawanan persahabatan yang terjalin dengan teman. Keterkaitan cerita ini dengan Tokopedia mungkin agak sulit dimengerti oleh anak-anak namun sangat menyentuh dan berarti bagi remaja dan orang dewasa. Anak-anak tetap dapat mengambil sisi iklan/promosi Tokopedia dari dus sepatu yang menunjukkan bahwa sepatu tersebut dibeli di Tokopedia. Iklan ini sangat menarik dan menyentuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Think Different" - Apple Slogan

My Big Fat Competitor