"Think Different" - Apple Slogan



"Think Different" adalah semboyan periklanan untuk Apple, Inc. (saat itu namanya Apple Computer, Inc.) diciptakan oleh Craig Tanimoto, Art Director di kantor biro iklan Los Angeles TBWA Chiat / Day, pada tahun 1997, yang juga menyumbangkan karya desain konseptual yang menghasilkan penggunaan potret ikon untuk kampanye. Slogan ini telah diterima secara luas sebagai tanggapan terhadap slogan IBM "Think". Ini digunakan dalam iklan televisi, beberapa iklan cetak, dan sejumlah promo TV untuk produk Apple. Teks lengkap dari berbagai versi iklan ini ditulis oleh sutradara kreatif Rob Siltanen dan copywriter Ken Segall, bersama dengan masukan dari banyak orang di tim di agensi dan di Apple. Musik komersial itu disusun oleh Chip Jenkins untuk Elias Arts. Apple menghentikan kampanye "Think different" dengan kedatangan iMac G4 pada tahun 2002. Namun, dampak slogan itu terus dirasakan dengan cara yang sama seperti iklan Mac "1984".

Steve Jobs juga mencoba variasi saat presentasi di depan audiens penggemar Apple. Presentasinya menanam benih untuk iklan sehingga tampak lebih organik ketika Apple memulai pemasaran baru. Dia mengatakan bahwa, 

“I want to just talk a little about Apple and the brand and what it means, I think, to a lot of us. You know, I think you always had to be a little different to buy an Apple computer. When we shipped the Apple II, you had to think different about computers. Computers were these things you saw in movies that occupied giant rooms. They weren’t these things you had on your desktop. You had to think differently because there wasn’t any software at the beginning.
You had to think differently when a first computer arrived at a school where there had never been one before, and it was an Apple II. I think you had to really think differently when you bought a Mac. It was a totally different computer, worked in a totally different way, used a totally different part of your brain. And it opened up a computer world for a lot of people who thought differently … And I think you still have to think differently to buy an Apple computer.”

Dari kata-kata Steve Jobs pada presentasinya tersebut telah membuat kita mengetahui maksud dari slogan "Think Different" yang Ia kampanyekan. Sesuai dengan apa yang dipasarkan oleh Apple, bahwa mereka memasarkan suatu produk yang berbeda dengan produk lainnya/produk lain pada masanya. Apple membuat produk dengan desain berbeda, dengan pengaturan yang berbeda, dan cara yang berbeda. Inilah yang menjadi keunggulan Apple saat ini dan menjadi tujuan utamanya yaitu mengubah pola fikir masyarakat sehingga memiliki selera dan pandangan yang sama dengan Apple dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat menggunakan produknya.

Kita juga telah mengetahui bahwa Apple sekarang menjadi pemimpin pasar, dan para pesaingnya mengikuti/menyalin setiap langkah dan strateginya, berpikir berbeda (Think Different) tidak selalu mudah. Tetapi perusahaan ini terus mengesankan kita dengan beberapa langkah berani dan penghasilan hingga $1 triliun baru-baru ini adalah bukti hal-hal positif telah bekerja.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Big Fat Competitor

Analisa Iklan Tokopedia