Kitkat - Kitto Katsu



Jepang adalah negara maju, dimana persaingan begitu ketat dan berat. Persaingan dalam mendapatkan sekolah favorit maupun persaingan dalam pekerjaan. Semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat yang terbaik dengan tekanan yang besar dan para pesaing yang berat. Untuk itu maryarakat Jepang masih menggunakan kebiasaan atau adat mengirimkan pesan singkat berupa penyemangat (ucapan "Good Luck" atau dalam bahasa Jepangnya "Kitto Katsu") untuk keluarga atau orang terdekatnya yang akan menempuh ujian persaingan ini. Masyarakat Jepang sangat menghargai hal ini. Dari kebiasaan masyarakat Jepang ini, Kitkat akhirnya menemukan ide untuk memasarkan produknya dengan konsep mengirim pesan menggunakan produknya, dengan nama Kitkat Mail. Kitkat mendesain packaging produk Kitkat menjadi terdapat kolom untuk mengisi pesan singkat (mail) dan dapat dikirimkan langsung melalui kantor pos. Produk ini juga dipasarkan di 
kantor pos di seluruh Jepang. Setiap malamnya produk ini dikirimkan ke kantor pos seluruh Jepang. Dan tentunya tidak ada pesaing dalam hal ini karena produk ini adalah satu-satunya produk makanan yang dipasarkan di kantor pos. 

Packaging yang dibuat menggunakan dus sebagai packaging luar dengan desain gambar sakura yang menunjukkan musim saat itu (musim semi yang identik dengan sakura) dan pada bagian depannya terdapat kolom untuk membuat pesan singkat tersebut. Sedangkan untuk bagian belakangya terdapat kolom untuk mengisi nama pengirim dan penerima.


Kita dapat menulis sendiri pesan pada kolom message di kemasan Kitkat ini. Tulisan tangan (handwriting) bagi masyarakat Jepang itu sangat dihargai. Mereka lebih senang menuliskan pesan tersebut menggunakan tulisan tangan. Pemasaran produk dengan packaging ini ternyata disambut dengan baik oleh masyarakat Jepang karena sangat sesuai dengan event dan adat masyarakat Jepang saat itu (musim semi dan musim ujian persaingan). 

Target market dalam iklan ini adalah masyarakat Jepang yang memiliki anak, teman, ataupun kerabat yang akan menempuh ujian. Mereka memiliki kebiasaan untuk mengirimkan pesan "Good Luck" kepada keluarga atau orang terdekat yang sedang berjuang menempuh ujian persaingan. Untuk itu Kitkat memasarkan produk ini dengan tujuan menarik perhatian masyarakat Jepang untuk mengirimkan pesan singkat kepada kerabatnya yang sedang menempuh ujian.

Target audience dalam iklan ini adalah para pelajar dan para "first jober" (karyawan yang baru masuk kerja). Mengapa demikian? karena dalam video tersebut mengatakan bahwa tujuan dari pemasaran kemasan dengan mail/surat pada kemasan Kitkat ini adalah untuk mengirimkan pesan singkat atau ucapan "Good Luck" kepada para pelajar yang akan menempuh ujian. Namun seiring berjalannya waktu ketika masa-masa ujian sudah berlalu, masyarakat Jepang masih menggunakan cara ini untuk mengirimkan pesan singkat kepada siapapun dan dalam rangka apapun (seperti untuk para karyawan baru, keluarga, orang terdekat, dll).

Produk ini dipasarkan atau dijual di kantor pos karena sesuai dengan maksud dan tujuannya yaitu untuk mengirim pesan singkat sehingga kita dapat menulis pesan di tempat dan mengirimnya langsung. Produk ini kini menjadi produk permanen yang dipasarkan di kantor pos di seluruh Jepang. Produk ini juga menjadi lambang keberuntungan bagi masyarakat Jepang saat menempuh ujian atau persaingan masuk.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Think Different" - Apple Slogan

My Big Fat Competitor

Analisa Iklan Tokopedia